Langsung ke konten utama

ANALISIS KARYA ARSITEKTUR KLASIK DAN MODERN

ARSITEKTUR KLASIK



Arsitektur klasik dimulai dari zaman arsitektur klasik Yunani, periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Arsitektur pada masa ini menjadi dasar pembangunan dari arsitektur klasik saat ini. Arsitektur pada zaman ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari bentukan-bentukan khusus dalam tiap-tiap bangunannya. Sebagai contoh :




   Doric Temple of Segesta


Apa yang kita dapat lihat dari karya arsitektur diatas? Umunya arsitektur bergaya klasik memiliki ciri menggunakan bentukan-bentukan yang massif/besar-besar. Seperti pada kolom-kolom arsitektur diatas, arsitektur ini menggunakan komlom-kolom yang berukuran besar sehingga nampak seperti seluruh bangunan terpenuhi oleh kolomnya saja. Material yang digunakan pada arsitektur klasik umumnya juga menggunakan bahan-bahan yang ada di alam sekitar seperti batu, kayu dan marmer.
Kebanyakan arsitektur pada zaman ini di desain tidak semata-mata untuk terlihat indah semata, namun arsitektur pada zaman ini mengandung makna-makna tersendiri dalam mendesain bentukan-bentukannya, baik didirikan untuk tempat pemujaan dewa-dewa, untuk tempat tinggal, gedung pengadilan dll. Tiap” karya arsitektur pada zaman ini memiliki ciri khasnya masing-masing.


Contoh arsitektur klasik :

  •  COLOSSEUM

FASADE

INTERIOR

DENAH



      Dibangun pada tahun 72 Masehi. Tempat pertujukkan besar yang berbentuk elips ini memiliki nama yang sebenarnya yaitu Flavian Amphitheatre. Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 hektar membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir.
       Colosseum adalah sebuah hasil arsitektur klasik pada jaman romawi, ciri khasnya ada pada bentukan busur - busur lengkung antar kolom dan bentuk yang melingkar. Bentuk lengkung ini adalah ciri khas arsitektur pada zaman romawi. Arsitektur pada zaman romawi ini sebenarnya mengadopsi dan menggabungkan beberapa seni arsitektur dari berbagai Negara seperti Yunani dan mesir. Terlihat dari penggunaan kolom-kolom yang mirip sekali dengan arsitektur yunani dan arch lengkung untuk pintu-pintunya mengadopsi dari seni arsitektur mesir.



  • STOA OF ATTALOS
FASADE

INTERIOR

      Bangunan ini sangat menggambarkan ciri khas dari bangunan pada era Helenistik. Dengan dimensi 115 m dan tinggi 20 m, bangunan ini terdiri dari Pentelic marmer dan batu kapur. Deretan Doric digunakan untuk tiang eksterior di lantai dasar dengan Ionic untuk pilar interior. Di lantai pertama dari gedung, tiang eksterior adalah ionik dan Pergamene interior. Memiliki dua lorong dan dua puluh satu ruangan. Kedua ruangan itu dihubungkan melalui pintu dan jendela kecil yang terletak di dinding belakang. Ada tangga yang mengarah ke kedua ruangan di bagian akhir dari stoa ini.
      Menapa bangunan ini dapat tergolong dalam bngunan arsitektur klasik? tentu saja, bangunan ini menggunakan maerial yang masih seadanya/dapat diperoleh dari alam. bangunan ini juga sangat luas, yg merupakan salah satu ciri dari bangunan klasik yang lebar-lebar. bangunan ini memiliki desain-desain yang masif seperti pada penggunaan kolom-kolomnya yang besar-besar.


  • KUIL ARTEMIS

Bagian timur Aegean adalah tempat lahirnya bangunan Yunani kuno. Kuil Artemis adalah bangunan dengan bentuk dasar dari Capital Voluted  pertama yang terlihat tahun 570 SM. tipe dasar bangunan ini memiliki potongan horizontal yang bergulur yang berada diatas dengan cetakan cembung dasar(Thorus). Kuil Artemis di Afesus.


Adalah bengunan terkemuka dangan pahatan gendang pada kolom bangunannya. Dinding luarnya berbentuk sudut, dan memiliki sebuah halaman berbentuk cekung yang luas yang mengelilingi bangunan dengan ciri khas Asia Kecil. Bangunan kuil terbesar 10 x 21 kolom,dengan jumlah kolom 122, tangga 7trap gank ionic.


  • MEGAROON
FASADE

DENAH


Megaron (rumah tinggal) yang terbuat dari kayu dan menerapkan rasionaisme keindahan dalam desainnya. Megaron inilah yang kemudian menjadi preseden dalam membuat arsitektur tradisional Yunani (baik itu berupa tempat pemerintahan, tempat peribadatan, dll.) Teater terbuka (untuk public meetings dan pementasan drama). Teater pada umumnya yang ditetapkan dalam suatu lereng bukit di luar kota itu , dan mempunyai tempat duduk berupa barisan yang ditetapkan dalam suatu seperdua lingkaran di sekitar area pusat orkes atau acara. Di belakang orkes adalah suatu bangunan rendah yang disebut skene, yang mana bertindak sebagai suatu gudang, suatu kamar ganti, dan juga sebagai latar belakang pada tindakan yang berlangsung di dalam orkes atau pertunjukkan tersebut.






ARSITEKTUR MODERN


Pada hari ini masyarakat umumnya telah menerapkan arsitektur bergaya modern pada bangunan-bangunan masi kini. Apa itu arsitektur modern? Arsitektur modern adalah dimana sebuah bangunan arsitektur umumnya meminimalisr penggunaan ornament-ornamen dan fungsi lebih diutamakan dalam menentukan sebuah bentukan pada bangunan. Sudah tidak ada lagi bentukan seperti ukiran-ukiran seperti pada era gotic dan penggunaan kolom-kolom masih seperti pada era yunani. Arsitektur modern juga menggunakan jauh lebih banyak jenis material yang beragam. Sehingga dari segi fungsi, ekonomi dan ruang lebih dapat diatur sesuai dengan keinginan pemilik bangunan agar lebih efisien.

  
Contoh arsitektur modern :

1    

  •             The National Library of Sejong City



FASADE

INTERIOR


DENAH

      Perpustakaan Nasional Kota Sejong berlokasi di  Sejong City, Korea. Perpustakaan ini selesai dibangun pada tahun 2013 dan mencakup area seluas 21.076 meter persegi. Perpustakaan ini merupakan proyek yang dikembangkan oleh SAMOO yang bekerja sama dengan KeunJeong Architects & Engineers Inc.Gedung ini dirancang menyerupai halaman buku dengan sehingga bentuk geometri bangunan ini sangat sederhana dan mudah dikenali. Bentuk yang unik dari perpustakaan membuat bangunan ini menjadi landmark bagi kota.

      Seperti kebanyakan bangunan modern saat ini, perpustakaan nasional ini juga memeliki bentuk yang unik, melengkung bagai tak memiliki struktur didalamnya. menkin setelah diamati dengan seksama, asal dari bentuk bangunan ini ialah berupa balok yang diubah sedemikian rupa sehingga menjadi bentukan seperti itu.



  •  Fallingwater





Falling water adalah rumah yang didesain oleh arsitek Amerika Frank Lloyd Wright pada tahun 1935 di barat daya pedesaan Pennsylvania , 50 mil sebelah tenggara Pittsburgh . Berusaha menghadirkan sebuah karya arsitektur dengan pendekatan konsep dekat dengan alam.Pemilihan lahan dan bahan bangunan secara apik menyiratkan kesederhanaan dan penghargaan terhadap alam sekitar. Bahan bangunan (finishing) diambil dari quarry di sekitar lokasi dengan eksplotasi yang bijak. Pemilihan struktur yang didominasi sistem cantilever (overhang) berbahan utama beton bertulang secara sepintas tampak biasa saja, namun kalau dilihat lebih detail menunjukkan bahwa Falling Water dibangun dengan sistem struktur yang rumit dan sangat detail.
Bangunan ini ditetapkan sebagai National Historic Landmark di 1966. Pada tahun 1991, American Institute of Architects menunjukkan bahwa Falling Water adalah “The Best all-time work American architecture”. Sementara itu National Geographic Traveler menetapkannya sebagai “Place of a Lifetime”.


  • VILLA SAVOYE
EKSTERIOR

INTERIOR

DENAH

Dari arsitek Le Corbusier. Terletak di Poissy , sebuah komune kecil di luar dari Paris, adalah salah satu kontribusi paling signifikan untuk arsitektur modern di abad ke-20, Villa Savoye oleh Le Corbusier. Selesai pada tahun 1929, Villa Savoye merupakan bangunan berkonsep modern mengambil sebuah rumah negara Perancis.


Rumah tunggal ini mengubah karir Le Corbusier serta prinsip-prinsip Style International; menjadi salah satu preseden arsitektur paling penting dalam sejarah. detasemen Villa Savoye ini dari konteks fisik meminjamkan desain untuk kontekstual diintegrasikan ke dalam konteks industri / mekanistik awal abad 20, secara konseptual mendefinisikan rumah sebagai entitas mekanik.
Le Corbusier terkenal menyatakan, pernyataan ini tidak hanya diterjemahkan ke dalam desain dari jalur perakitan manusia bersisik "Rumah adalah mesin untuk hidup."; bukan desain mulai mengambil kualitas inovatif dan kemajuan ditemukan di bidang lain dari industri, atas nama efisiensi.


  • Walt Disney Concert Hall
FASADE

INTERIOR

DENAH

Bentuk bunga mawar tersebut berasal dari kecintaan kliennya, yaitu Lilian Disney. Ia juga menghendaki sebuah Concert Hall yang terbaik sekaligus, yang nantinya akan menjadi sebuah “giant sculpture” ikon kota Los Angeles.
Di dalam proses perancangan, Gehry juga banyak membuat study model dari kertas. Dari sekian banyak proses pembuatan study model, ia mampu memadukan keperluan ruang yang standard dari sebuah concert hall (bentuk kotak-kotak)  dengan semangat rancangannya yang sangat dinamis. Dari perpaduan kedua hal tersebut, Gehry pun akhirnya dapat memadukan kecintaan Lillian Disney terhadap bunga dan taman.
Hasil realisasi dari sketsa artistik Gehry. Bentuk yang ekspersionis menggambarkan bunga mawar, serta  sesuai dengan fungsinya yang merupakan gedung konser Disney (musikàseni).
Bangunan ini memiliki beberapa area, diantaranya adalah area penerima, area utama dengan 3 concert hall, dan area servis. Dapat dilihat perbedaan antara area konser dan servis, dimana bentuk denah area konser ekspresif (mengikuti bentuk massa), dan denah area servis berbentuk dasar segi empat.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPOLOGI BANGUNAN MUSIC FACILITIES

MUSIC FACILITIES STUDIO MUSIK Pengertian studio musik dapat di tinjau dari arti secara umum dan dapat di tinjau secara khusus dari sudut pandang seorang musisi, sebagai berikut: Secara Umum Studio musik dapat berarti sebagai ruangan untuk menikmati musik, dimana dalam ruangan tersebut seseorang tidak perlu kuatir bahwa apa yang dia dengarkan akan mengganggu tetangga dan suara-suara dari luar tidak mengganggu.          2. Secara Khusus Studio musik adalah sebuah tempat untuk merekam suara. Studio musik terdiri dari 3 ruangan yaitu : studio itu sendiri, tempat dimana suara untuk direkam itu dibuat, ruang kontrol, ruang untuk merekam dan memanipulasi atau mengontrol suara dari ruang rekaman dan ruang mesin, ruang untuk menyimpan mesin-mesin yang dimana surannya dapat mengganggu proses rekaman. Persyaratan Akustik Pada Ruangan Ada berberapa persyaratan agar ruangan memenuhi  kriteria sebagai persyaratan akustik untuk bisa menampung fungsi suatu ruang/studio musik  yait

Rental Office, Manado

Rental Office di Manado adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai perkantoran akibat respon dari permintaan  pasar/penyewa dan disewakan kepada pengusaha di Manado yang tidak mempunyai kantor/tempat usaha sendiri terutama di lokasi bisnis yang strategis dan disekitarnya dalam kurung waktu tertentu (sesuai kontrak) untuk mengembangkan usahanya. Rental Office adalah bangunan yang bersifat modular. Modul sewa kantor yang terkecil adalah 8-10m 2 , sedang 40-150m 2 dan besar >150m 2 . Selain itu, tipologi kantor juga berdasarkan Peruntukannya, pembagian layout denah, kedalaman ruang, jalur pencapaian. Jenis perusahaan yang dilayani adalah Perbankan, Asuransi, Keuangan, Pedagang Saham, Konsultan, dan Retail. Perancangan objek ini harus memenuhi prinsip dan pertimbangan perancangan diantaranya faktor ekonomi, faktor konstruksi yang selalu mengedepankan efisiensi, efektifitas dan fleksibilitas. Bangunan ini bertemakan “Froebel Block” yang artinya permainan kotak-kotak geometr