Langsung ke konten utama

RESIDENTIAL

rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka  waktu tertentu. Rumah bisamenjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.


Dalam kegiatan sehari-hari, orang biasanya berada di luar rumah untuk bekerja, bersekolah atau melakukan aktivitas lain. Aktifitas yang paling sering dilakukan di dalam rumah adalah beristirahat dan tidur. Selebihnya, rumah berfungsi sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman, baik di dalam maupun di luar rumah. Rumah dapat berfung sisebagai tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat.
Dalam dunia arsitektur, rumah tidak hanya sebatas sebuah bangunan yang fungsinya seperti yang telah disebutkan diatas. Rumah adalah salahsatu cermin dari pribadi sang penghuni rumah. Bahkan dapat juga mencerminkan suku, agama, dan hobi serta kebiasaan sang pemilik rumah. Untuk itu di Indonesia sendiri, Banyak sekali jenis-jenis rumah yang ada, karena Indonesia sendiri memiliki banyak sekali suku-suku yang beerbeda, adat isitiadat yang berbeda, agama yang beranekaragam juga kondisi lingkungan atau alam yang beragam pula. Dari sebap itulah akhirnya terbentuk bermacam-macam rumah yang ada di tiap-tiap daerahnya yang tentu berbeda pula bentuk dan ciri khasnya. Berikut ini saya akan memaparkan tentang rumah adat Kalimantan Barat beserta bentukan-bentukan khas yang ada padanya.

KALIMANTAN BARAT


Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibukota Provinsi kota Pontianak. Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

RUMAH PANJANG



Dalam bahasa Dayak Kanayat, Rumah Adat Kalimantan Barat disebut dengan rumah Radakng atau rumah Panjang. Sesuai namanya, rumah adat ini merupakan rumah panggung setinggi 5-8 meter dari permukaan tanah dan berbentuk persegipanjang dengan panjang hingga 180 meter dan lebar hingga 30 meter.

Dibangunnya rumah adat Panjang dimaksudkan untuk melindungi keluarga dari serangan suku-suku lain, menghindari serangan binatang buas, dan sebagai tindakan antisipasi ketika terjadi banjir akibat meluapnya sungai.

Konstruksi Rumah


Rumah adat Kalimantan Barat memiliki konstruksi bangunan yang unik. Ada 3 bagian utama dalam kontruksi rumah ini, yaitu :


  • ·         Tangga : disebut juga hejot. Jumlah tangga haruslah ganjil, umumnya terdapat 3 tangga dalam 1 rumah, yaitu di bagian depan rumah serta di bagian ujung kiri dan kanan rumah. Namun demikian hal ini masih tergantung dengan ukuranru mah. Semakin besar rumah, jumlah tangganya juga akan semakin banyak.
  • ·         Badanrumah : rumah Panjang dibangun menggunakan kayu Ulin yang kokoh dan dapat bertahan hingga ratusan tahun. Setiap ruangan disekat-sekat. Penyekatnya merupakan dinding dari papan kayu.
  • ·         Lantai : lantai rumah biasanya terbuat dari bambu, belahan batang pinang atau kayu bulat sebesar pergelangan tangan.
      
      Pembagian ruangan
      Rumah adat Kalimantan Barat terbagi dalam beberapa bagian, yaitu:
      
      ·         Pante: teras rumah. Pante terdapat di depan rumah dengan atap yang menjorok ke luar.       Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan upacara adat, tempat menjemur       padi dan pakaian.

      ·         Samik: ruang tamu. Di ruangan ini terdapat satu pene, yaitu meja berbentuk lingkaran          yang digunakan untuk meletakkan hidangan saat menerima tamu. Ruang keluarga.              Ruangan ini berukuran panjang 6 meter dan lebar 6 meter. Ruangan ini berbentuk                persegi panjang dan terletah di bagian tengah rumah. Ruangan ini berfungsi sebagai            tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan            bersama.


      ·         Kamar tidur: Kamar tidur terletak di sepanajng rumah secara berjejeran. Kamar tidur            orang tua berada di ujung aliran sungai, kemudian berderet hingga yang paling ujung            hilir sungai. Bagian paling ujung hilir sungai harus didiami oleh anak bungsu.


      ·         Bagian belakang rumah: Digunakan sebagai dapur dan tempat untuk menyimpan hasil        panen dan alat-alat pertanian. Dapur harus menghadap ke aliran sungai. Hal ini                    dipercaya akan mendatangkan rezeki.


      

       Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

        Sesuai dengan bentuk dan peruntukannya, rumah adat Kalimantan Barat menggambarkan sifat kebersamaan dan toleransi antar setiap anggota keluarga. Bagian depan rumah sering dijumpai patung yang menyerupai manusia. Patung ini terbuat dari kayu Ulin yang digunakan dalam ritual mengantar arwah leluhur ke alam surga. Patung ini dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat yang akan masuk ke dalam rumah. Rumah adat Panjang yang dihuni oleh banyak keluarga memperlihatkan bahwa Suku Dayak memiliki rasa kebersamaan dan toleransi yang tinggi dalam bermasyarakat. Hal ini berbeda sekali dengan pendapat masyarakat di luar yang menyatakan bahwa Suku Dayak merupakan suku yang keras dan kasar. Sesuai pembahasan Rumah Adat Kalimantan Barat di atas diharapkan dapat memperlihatkan sisi lain dari kehidupan Suku Dayak yang mementingkan keharmonisan dalam hubungan bermasyarakat.

      Sumber :   



 



 

  













Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KARYA ARSITEKTUR KLASIK DAN MODERN

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik dimulai dari zaman arsitektur klasik Yunani, periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Arsitektur pada masa ini menjadi dasar pembangunan dari arsitektur klasik saat ini. Arsitektur pada zaman ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari bentukan-bentukan khusus dalam tiap-tiap bangunannya. Sebagai contoh :    Doric Temple of Segesta Apa yang kita dapat lihat dari karya arsitektur diatas? Umunya arsitektur bergaya klasik memiliki ciri menggunakan bentukan-bentukan yang massif/besar-besar. Seperti pada kolom-kolom arsitektur diatas, arsitektur ini menggunakan komlom-kolom yang berukuran besar sehingga nampak seperti seluruh bangunan terpenuhi oleh kolomnya saja. Material yang digunakan pada arsitektur klasik umumnya juga menggunakan bahan-bahan yang ada di alam sekitar seperti batu, kayu dan marmer. Kebanyakan arsitektur pada zaman ini di desain tidak semata-mata untuk terlihat indah semata, namun arsitektur pada zaman

TIPOLOGI BANGUNAN MUSIC FACILITIES

MUSIC FACILITIES STUDIO MUSIK Pengertian studio musik dapat di tinjau dari arti secara umum dan dapat di tinjau secara khusus dari sudut pandang seorang musisi, sebagai berikut: Secara Umum Studio musik dapat berarti sebagai ruangan untuk menikmati musik, dimana dalam ruangan tersebut seseorang tidak perlu kuatir bahwa apa yang dia dengarkan akan mengganggu tetangga dan suara-suara dari luar tidak mengganggu.          2. Secara Khusus Studio musik adalah sebuah tempat untuk merekam suara. Studio musik terdiri dari 3 ruangan yaitu : studio itu sendiri, tempat dimana suara untuk direkam itu dibuat, ruang kontrol, ruang untuk merekam dan memanipulasi atau mengontrol suara dari ruang rekaman dan ruang mesin, ruang untuk menyimpan mesin-mesin yang dimana surannya dapat mengganggu proses rekaman. Persyaratan Akustik Pada Ruangan Ada berberapa persyaratan agar ruangan memenuhi  kriteria sebagai persyaratan akustik untuk bisa menampung fungsi suatu ruang/studio musik  yait

Rental Office, Manado

Rental Office di Manado adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai perkantoran akibat respon dari permintaan  pasar/penyewa dan disewakan kepada pengusaha di Manado yang tidak mempunyai kantor/tempat usaha sendiri terutama di lokasi bisnis yang strategis dan disekitarnya dalam kurung waktu tertentu (sesuai kontrak) untuk mengembangkan usahanya. Rental Office adalah bangunan yang bersifat modular. Modul sewa kantor yang terkecil adalah 8-10m 2 , sedang 40-150m 2 dan besar >150m 2 . Selain itu, tipologi kantor juga berdasarkan Peruntukannya, pembagian layout denah, kedalaman ruang, jalur pencapaian. Jenis perusahaan yang dilayani adalah Perbankan, Asuransi, Keuangan, Pedagang Saham, Konsultan, dan Retail. Perancangan objek ini harus memenuhi prinsip dan pertimbangan perancangan diantaranya faktor ekonomi, faktor konstruksi yang selalu mengedepankan efisiensi, efektifitas dan fleksibilitas. Bangunan ini bertemakan “Froebel Block” yang artinya permainan kotak-kotak geometr