Langsung ke konten utama

TIPOLOGI BANGUNAN RUMAH SAKIT

A. PENGERTIAN RUMAH SAKIT

  • Secara umum

Rumah sakit adalah suatu organisasi kompleks yang menggunakan Perpaduan peralatan ilmiah yang rumit dan khusus, yang difungsikan oleh kelompok tenaga terlatih dan terdidik dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengetahuan medic modern untuk tujuan pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang baik.

  • Menurut kementrian kesehatan

Sarana upaya kesehatan dalam menyelanggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat dimanfaatkan untuk pendidikan tenaga kesehatan dan penelitianMenurut WHO
suatu bagian yang menyeluruh lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitative dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial

  • Menurut WHO

suatu bagian yang menyeluruh lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitative dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga dan lingkungan rumah sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesehatan serta untuk penelitian biososial

B. TIPE TIPE RUMAH SAKIT

  • Rumah Sakit Tipe-A
Rumah sakit tipe-A adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis luas. Oleh pemerintah, RS tipe-A ini telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan rujukan tertinggi (Top Refetral Hospital).
  • Rumah Sakit Tipe-B
Rumah sakit tipe-B adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis luas dan subspesialis terbatas. Direncanakan RS tipe-B didirikan disetiap ibukota Propinsi (Provincial Hospital) yang menampung pelayanan rujukan RS Kabupaten.
  • Rumah Sakit Tipe-C
Rumah Sakit Tipe-C adalah RS yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas. Pada saat ini ada empat macam pelayanan spesialis yang disediakan yaitu pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak serta pelayanan kebidanan dan kandungan.
  • Rumah Sakit Tipe-D
Rumah sakit tipe-D adalah RS yang bersifat transisi karena pada suatu saat akan ditingkatkan menjadi RS tipe-C. Pada saat ini kemampuan RS tipe-D hanyalah memberikan pelayanan kedokteran umum dan kedokteran gigi.
  • Rumah Sakit Tipe-E
Rumah sakit tipe-E adalah RS khusus (special hospital) yang menyelenggarakan hanya satu macam pelayanan kedokteran saja (Azwar, 1996 : 89-90).

C.TUJUAN DAN FUNGSI RUMAH SAKIT

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit, rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Pelayanan kesehatan paripurna adalah pelayanan kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009, rumah sakit umum mempunyai fungsi:

1.     Penyelenggaraan  pelayanan  pengobatan  dan  pemulihan  kesehatan  sesuai dengan standar pelayanan rumah sakit.
2.     Pemeliharaan  dan  peningkatan  kesehatan  perorangan  melalui  pelayanan kesehatan yang paripurna tingkat kedua dan ketiga sesuai kebutuhan medis.
3.     Penyelenggaraan  pendidikan dan  pelatihan  sumber  daya  manusia  dalam rangka peningkatan kemampuan dalam pemberian pelayanan kesehatan.
4.     Penyelenggaraan  penelitian  dan  pengembangan  serta  penapisan  teknologi bidang kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan etika ilmu pengetahuan bidang kesehatan.


D. Klasifikasi Rumah Sakit


Rumah sakit dapat diklasifikasikan menjadi beberapa golongan berdasarkan jenis pelayanan, kepemilikan, jangka waktu pelayanan, kapasitas tempat tidur dan fasilitas pelayanan, dan afiliasi pendidikan. Berdasarkan jenis pelayanannya rumah sakit dapat digolongkan menjadi:

1.     Rumah Sakit Umum


Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar, spesialistik dan subspesialistik. Rumah sakit umum memberi pelayanan kepada berbagai penderita dengan berbagai jenis penyakit, memberi pelayanan diagnosis dan terapi untuk berbagai kondisi medik, seperti penyakit dalam, bedah, pediatrik, psikiatrik, ibu hamil, dan sebagainya.

2.     Rumah Sakit Khusus

Rumah sakit khusus adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi primer, memberikan diagnosis dan pengobatan untuk penderita yang mempunyai kondisi medik khusus, baik bedah atau non bedah, misal: Rumah Sakit Ginjal, Rumah Sakit Kusta, Rumah Sakit Jantung, Rumah Sakit Bersalin dan Anak, dan lain-lain.


Benjamin Russell Hospital for Children – Birmingham, Alabama



Sebuah bangunan rumah sakit tidak selalu menakutkan, hal ini dapat kita temukan di beberapa desain rumah sakit yang sangat unik yang ada di berbagai belahan dunia. salah satunya adalah Rumah Sakit khusus anak Benjamin Russell - Birmingham, Alabama. Jika rumah sakit anak-anak dirancang untuk anak, rumah sakit dapat menjadi tempat untuk pemulihan, tempat untuk keluarga, tempat untuk kegembiraan, semua tanpa stigma yg sering melekat pada rumah sakit khusus anak-anak. Rumah Sakit Russell Benjamin untuk Anak-anak terletak di 1601 5th Ave. Selatan. Perkiraan ukuran luas bangunan 12 lantai melebihi 760.000 kaki persegi, sehingga ekspansi fasilitas medis terbesar dalam sejarah Alabama.


Berfokus pada pembuatan dampak yang signifikan dalam kehidupan anak-anak, keluarga dan komunitas mereka, landmark ikonik ini dirancang untuk mewakili standar baru untuk kesehatan anak di Alabama. Proyek perluasan fasilitas medis tunggal terbesar dalam sejarah Alabama membuat Rumah Sakit Benjamin Russell untuk Anak-anak (BRHFC) menjadi rumah sakit terbesar ketiga di Amerika Serikat, dengan luasnya, dan peringkat di atas 10 pusat kesehatan anak, berdasarkan jumlah tempat tidur .

Berdiri di tengah kepadatan kota, rumah sakit ini menciptakan tempat khusus untuk anak-anak dan keluarga mereka, dibedakan sebagai rumah sakit atas peringkat untuk anak-anak dari batu monumental dari kampus pusat medis universitas sekitarnya.


Tidak seperti rumah sakit pada umumnya, Benjamin Russell Hospital memiliki desain interior yang unik dan nyaman bagi anak-anak. Hal ini dapat memberikan kesan positif pada anak-anak sehingga mereka lebih merasa nyaman dan tenang ketika sedang dalam proses perawatan. Dengan bentukan geometri yang banyak, interior rumah sakit ini di desain tidak monoton sehingga anak-anak tidak merasa bosan.


 Pengguaan interior seperti sofa dan meja juga sangat menarik dengan warna yang beragam makin mempercantik interior bagian dalam rumah sakit ini. tidak hanya itu, desain lantai dan langit-langin pada interior rumah sakit ini didesain dengan arc" atau lengkungan-lengkungan yang beragam sehingga memperkuat kesan santai pada ruangan.

Rungan-ruangan pada Benjamin Russell Hospitall


Family-Centered Care



Ruangan :

Semua kamar dari ukuran dan desainnya sama. Tiap kamar sifatnya pribadi (termasuk PICU, Perawatan khusus, CICU dan NICU). seluruhnya memiliki zona pasien, zona keluarga dan zona staf
zona keluarga memiliki sofa tidur, lemari besar dan aman kecil untuk barang-barang berharga
pendidikan / sistem hiburan pasien. Rooming-in kamar memberikan orang tua dari bayi yang baru lahir kesempatan untuk berlatih rutinitas perawatan di rumah.

Fasilitas di setiap Lantai untuk Pasien

Sebuah dapur keluarga dengan kulkas dan microwave. Ruang cuci baju. Ruang tunggu bagi keluarga yang luas dengan pencahayaan alami di luar ruangan pasien. Ruang konsultasi untuk percakapan pribadi dengan dokter yang menanganinya.

Fasilitas

Rumah sakit ini memiliki pusat pendidikan untuk pasien guna menunjang pengobatan bagi pasien. Ruang tunggu bagi keluarga yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap termasuk komputer didalamnya. Ruang teater yang diperuntukan untuk pasien anak-anak. dan juga terdapat beberapa ruangan penunjang seperti ruang laktasi, cafe dan ruang terbuka hijau pada ekterior bangunan.

Secara keseluruhan, bangunan rumah sakit ini sangat layak dijadikan acuan bagi rumah sakir anak lainnya. Desain yang unik dan fasilitas lengkap menjadikan rumah sakit ini sangat nyaman dan dapat memberikan perawatan yang maksimal bagi pasiennya.


sumber :















Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS KARYA ARSITEKTUR KLASIK DAN MODERN

ARSITEKTUR KLASIK Arsitektur klasik dimulai dari zaman arsitektur klasik Yunani, periode Helenistik dan Kekaisaran Romawi. Arsitektur pada masa ini menjadi dasar pembangunan dari arsitektur klasik saat ini. Arsitektur pada zaman ini memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari bentukan-bentukan khusus dalam tiap-tiap bangunannya. Sebagai contoh :    Doric Temple of Segesta Apa yang kita dapat lihat dari karya arsitektur diatas? Umunya arsitektur bergaya klasik memiliki ciri menggunakan bentukan-bentukan yang massif/besar-besar. Seperti pada kolom-kolom arsitektur diatas, arsitektur ini menggunakan komlom-kolom yang berukuran besar sehingga nampak seperti seluruh bangunan terpenuhi oleh kolomnya saja. Material yang digunakan pada arsitektur klasik umumnya juga menggunakan bahan-bahan yang ada di alam sekitar seperti batu, kayu dan marmer. Kebanyakan arsitektur pada zaman ini di desain tidak semata-mata untuk terlihat indah semata, namun arsitektur pada zaman

TIPOLOGI BANGUNAN MUSIC FACILITIES

MUSIC FACILITIES STUDIO MUSIK Pengertian studio musik dapat di tinjau dari arti secara umum dan dapat di tinjau secara khusus dari sudut pandang seorang musisi, sebagai berikut: Secara Umum Studio musik dapat berarti sebagai ruangan untuk menikmati musik, dimana dalam ruangan tersebut seseorang tidak perlu kuatir bahwa apa yang dia dengarkan akan mengganggu tetangga dan suara-suara dari luar tidak mengganggu.          2. Secara Khusus Studio musik adalah sebuah tempat untuk merekam suara. Studio musik terdiri dari 3 ruangan yaitu : studio itu sendiri, tempat dimana suara untuk direkam itu dibuat, ruang kontrol, ruang untuk merekam dan memanipulasi atau mengontrol suara dari ruang rekaman dan ruang mesin, ruang untuk menyimpan mesin-mesin yang dimana surannya dapat mengganggu proses rekaman. Persyaratan Akustik Pada Ruangan Ada berberapa persyaratan agar ruangan memenuhi  kriteria sebagai persyaratan akustik untuk bisa menampung fungsi suatu ruang/studio musik  yait

Rental Office, Manado

Rental Office di Manado adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai perkantoran akibat respon dari permintaan  pasar/penyewa dan disewakan kepada pengusaha di Manado yang tidak mempunyai kantor/tempat usaha sendiri terutama di lokasi bisnis yang strategis dan disekitarnya dalam kurung waktu tertentu (sesuai kontrak) untuk mengembangkan usahanya. Rental Office adalah bangunan yang bersifat modular. Modul sewa kantor yang terkecil adalah 8-10m 2 , sedang 40-150m 2 dan besar >150m 2 . Selain itu, tipologi kantor juga berdasarkan Peruntukannya, pembagian layout denah, kedalaman ruang, jalur pencapaian. Jenis perusahaan yang dilayani adalah Perbankan, Asuransi, Keuangan, Pedagang Saham, Konsultan, dan Retail. Perancangan objek ini harus memenuhi prinsip dan pertimbangan perancangan diantaranya faktor ekonomi, faktor konstruksi yang selalu mengedepankan efisiensi, efektifitas dan fleksibilitas. Bangunan ini bertemakan “Froebel Block” yang artinya permainan kotak-kotak geometr